SehatQ: 6 Tips Memilih Merek Dot Bayi yang Aman

Dot bayi menjadi benda penting saat Anda memiliki bayi atau balita. Dot biasanya dipasangkan dengan botol susu. Demi kenyamanan bayi selama menggunakan dot, maka orang tua pasti akan mencari merek dot bayi terbaik.

Di pasaran saat ini sudah banyak merek dot dengan karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Bagi Anda yang merasa bingung saat hendak membeli dot bayi, berikut ini beberapa tips memilih dot bayi berkualitas.

Tips Memilih Merek Dot Bayi

1. Pertimbangkan daya tahan

Sebelum membeli dot pastikan Anda mempertimbangkan daya tahan dot tersebut. Dot merupakan benda yang hampir digunakan setiap hari. Maka dari itu, pastikan untuk membeli dot dengan kualitas terbaik. Dot yang bagus harus tahan terhadap gigitan bayi dan tahan terhadap suhu tinggi saat disterilkan. Dengan dot yang tahan lama, maka Anda tidak perlu terlalu sering membeli dot yang baru.

2. Prioritaskan kenyamanan

Hal berikutnya yang juga tak kalah penting untuk menjadi pertimbangan sebelum membeli dot yaitu terkait kenyamanan. Pastikan merek dot bayi yang Anda beli bisa digunakan dengan naman. Carilah dot yang lunak dan fleksibel, dengan demikian bayi Anda bisa lebih nyaman saat menggunakannya. Jangan pilih dot yang kaku dan keras, sebab bahan seperti ini umumnya kurang disukai anak-anak.

3. Pilih produk yang aman

Tips selanjutnya yaitu memilih produk yang aman. Pastikan Anda membeli dot bayi yang menggunakan bahan-bahan aman untuk bayi. Sebab nantinya benda ini akan langsung digunakan dalam mulut bayi. Jadi belilah produk yang sudah terjamin keamanannya. Umumnya dot dengan bahan silikon dirasa lebih aman karena tidak melukai gusi bayi.

4. Membeli produk yang mirip dengan bentuk payudara

Bentuk dot juga menjadi hal lain yang perlu dipertimbangkan. Dot biasanya digunakan untuk menggantikan cara menyusui langsung dari sang ibu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya membeli dot yang memiliki bentuk mirip dengan bentuk payudara. Hal ini dimaksudkan agar anak Anda lebih mudah beradaptasi.

Saat ini juga banyak merek dot bayi yang memiliki fitur slow flow. Dengan demikian bayi tidak mudah tersedak. Model dot yang mirip dengan bentuk payudara juga mempermudah bayi saat menggunakannya. Sehingga bayi menjadi lebih nyaman.

5. Cari dot yang mudah dicuci

Cara memilih merek dot bayi selanjutnya yaitu carilah dot yang mudah dicuci. Dengan demikian dot menjadi lebih bersih dan sehat. Dot yang bersih juga mempermudah anak saat minum susu.

6. Pilih dot sesuai dengan usia anak

Tips memilih merek dot bayi selanjutnya yaitu cari dot yang sesuai dengan usia anak. Ukuran dot sangat banyak. Ukuran yang pas akan membuat bayi lebih nyaman saat menggunakan dot tersebut. Biasanya untuk bayi usia 0-3 bulan menggunakan dot berukuran S, bayi usai 3-6 bulan menggunakan dot ukuran M, dan bayi 6 bulan ke atas menggunakan dot berukuran L.

Perbedaan ukuran tersebut disesuaikan dengan lubang pada dot. Semakin besar ukurannya maka lubangnya semakin lebar, dan aliran susu yang keluar dari lubang tersebut semakin cepat. Saat bayi baru lahir sebaiknya berikan dot dengan lubang sempit agar aliran tidak terlalu cepat dan bayi tidak mudah tersedak.

Itulah enam tips memilih merek dot bayi yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli dot untuk bayi. Beli dot dengan kualitas terbaik agar kesehatan bayi Anda tetap terjaga. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan dan tindakan medis yang tepat sesuai dengan keluhan dan keadaan yang terjadi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.