Cara Merawat Landak Dengan Benar!

Cara merawat landak sebenarnya susah gampang perlu kesabaran yang tinggi. Di masa pandemi ini, banyak orang yang mencari kesibukan di rumah agar tidak mudah stres. Salah satu kegiatan yang banyak dipilih adalah memelihara hewan seperti landak mini.

Seseorang yang baru memelihara hewan ini kebanyakan bingung untuk memilih kandang yang baik dan menjaganya agar tetap higienis.

Tubuhnya yang mungil dan tingkah lakunya yang menggemaskan, membuat landak mini seringkali disandingkan dengan hamster dan marmut sebagai peliharaan pilihan.

Landak mini atau sering disebut landak susu ini juga tergolong jenis hewan peliharaan yang mudah dilatih, misalnya untuk membuang kotoran pada tempat yang telah kamu sediakan.

Ada beberapa jenis landak mini yang bisa dipelihara. Salah satu yang sering ditemukan adalah landak algerian (Atelerix algirus) yang tampak imut dengan hidung coklat tua, mata hitam, dan kulit keabuan.
8 Cara Merawat Landak Mini di Rumah agar Tak Jadi Pemalu
Landak mini ini memiliki duri tapi tidak beracun, makanya saat ini makin banyak orang yang memelihara landak mini sebagai hobi. Dalam segi perawatan, landak mini tidak berbeda jauh dengan hamster.

Cara Merawat Landak Tetap Bersih

Landak mini merupakan hewan peliharaan yang cocok bagi seseorang yang sabar dan berdedikasi. Hewan ini dikenal cerdas, ramah, dan mudah akrab dengan pemiliknya yang memang benar-benar menaruh perhatian lebih. Seperti hewan lainnya, mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan cara merawat landak mini dapat menghindari segala masalah yang mungkin terjadi.

Kamu benar-benar harus memperhatikan makanan yang diberikan, cairan yang diminum, serta kandangnya. Pada bahasan ini akan dibahas berbagai cara yang paling efektif untuk menjaga agar kandang tetap bersih dan higienis, sehingga landak mini peliharaanmu terhindar dari penyakit. Lalu, apa saja yang perlu dilakukan agar semua hal tersebut terwujud? Berikut ini beberapa caranya:

1. Cara Merawat Landak: Ukuran Kandang

Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kandang dari landak mini dimulai dari pemilihan ukuran kandang. Pilihan yang paling minim untuk kandang hewan kecil ini dengan ukuran panjang 120 sentimeter dengan lebar 60 sentimeter. Idealnya, semakin besar kandangnya akan semakin baik untuk kelangsungan hidupnya. Kandang yang lebih luas dapat memberikan ruang yang lebih besar agar dapat berlarian.

Cara Merawat Landak Mini - Hewan Peliharaan - Dictio Community

2. Cara Merawat Landak: Alas Kandang

Seperti hewan kecil lainnya, seprai dapat menjadi salah satu cara untuk merawat kandang dari landak mini. Bagian bawah kandang landak harus ditutup dengan alas tidur. Ada berbagai macam alas kandang yang dapat dipilih, tetapi bahan dengan bahan yang terbuat dari kertas daur ulang atau serutan kayu, sangat populer digunakan di kalangan pemilik hewan kecil layaknya landak mini. Kamu juga wajib menggantinya minimal seminggu sekali, terutama jika alas sudah kotor atau lembap. Hal ini untuk mencegah risiko dari masalah kesehatan.

Ada Landak Mini di Rumah Kami | dreamtravelmom

3. Litter Box

Layaknya kucing, landak mini dapat diajarkan untuk membuang kotorannya di kotak khusus. Kotak ini harus ditempatkan di area yang biasanya ia gunakan untuk buang air kecil dan besar. Pelet kotoran yang lembut dapat digunakan untuk menahan semua hasil akhir dari makanannya agar tetap bersih dan menghindari bau yang berlebih. Cara ini juga dapat menghindari bakteri yang dikeluarkan dari kotorannya untuk menyebar.

Jual litter box Bak Pasir Sauna Tempat Mandi Hamster landak mini di Lapak  FShop | Bukalapak

4. Siapkan Mangkuk Air dan Makanan

Landak mini termasuk hewan insectivore, yaitu hewan pemakan serangga. Namun kalo tidak mau memberikannya serangga, opsi lain bisa menggunakan makanan kucing atau anjing di petshop terdekat.

Terkadang sesekali landak mini perlu diberi makan ulat jerman atau ulat hongkong. Untuk minumannya cukup air putih matang yang ditempatkan di tabung minuman, seperti tabung minuman hamster. Perlu diingat bahwa makanan dan minuman harus terus tersedia.

Umumnya, landak dapat minum melalui air bersih yang berasal dari botol air dengan ujung yang meruncing. Namun, beberapa lainnya tidak suka minum dari alat ini.

Alternatif yang dapat digunakan adalah menggunakan penampung air yang agak berat. Untuk makanannya, kamu membutuhkan dua mangkuk, satu untuk makanan yang lembap dan lainnya untuk makanan kering. Pastikan alat untuk menampung makanan dan air tidak mudah tumpah.

Itulah beberapa cara untuk merawat kandang landak mini agar tetap bersih dan higienis. Dengan begitu, kesehatan hewan kesayanganmu ini tetap terjaga dan dijauhi dari segala penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Diharapkan, hewan kecil ini dapat mencapai usia maksimalnya yang disebut-sebut hingga 10 tahun.

BACA JUGA: CARA MEMELIHARA KUCING DENGAN BENAR

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *