Taktik Defense Bermain Softball

Permainan Softball sebagai olah fisik yang terhitung dalam kelompok bola kecil. Softball ialah macam dari olahraga baseball. Adapun, jumlah pemain dalam tiap team ialah 9 orang. Dua regu dalam sebuah laga softball dipisah jadi regu striker atau pemukul (ofensif) dan regu penjaga (protektif).

Strategi Bertahan

Arah permainan softball ialah cetak angka sebanyak-banyaknya dan mematikan musuh supaya tidak memperoleh nilai. Oleh karenanya, permainan softball memerlukan taktik serangan dan pertahanan. Dalam artikel ini akan diulas taktik pertahanan dalam softbal Taktik pertahanan dilaksanakan oleh regu penjaga agar pemain musuh tidak dapat memperoleh nilai. Di dalam permainan softball pada tehnik pertahanan, agar bisa mematikan musuh karena itu faksi penjaga usaha bisa lakukan:

  • Membakar base, maknanya saat sebelum pelari capai base, regu penjaga base tangkap bola selanjutnya mencapai base yang hendak dituju oleh pelari.
  • Mematikan musuh (men-tick), yakni pelari di-tick saat sebelum capai base. Saat men-tick bola jangan dilepaskan atau lepas dari tangan.
  • Catcher dapat tangkap bola langsung pada pukulan ke-3 yang tidak dapat dipukul oleh batter

Taktik Bertahan

Taktik pertahanan di dalam permainan softball ialah strategi atau usaha dari regu penjaga untuk tetap bertahan, memutus, atau menangkis gempuran musuh. Taktik pertahanan dalam softball dilaksanakan dengan mematikan pelari atau pemukul supaya tidak maju ke base di depannya atau memperoleh nilai. Di dalam permainan softball, ada tiga taktik pertahanan yakni: Pertahanan pendek Pertahanan media Pertahanan jauh.
Berikut keterangan tehnik pertahanan di dalam permainan softball terbagi dalam:

  • Mekanisme pertahanan pendek (Close sistem atau umum disebutkan C-position) dipakai jika ada pelari di base ke-3 yang tentukan kemenangan atau kondisi sama/draw (tie games) dan pada kondisi kurang dari 2 mati (out).
  • Mekanisme pertahanan Tengah sebagai status cukup semakin aman, terlebih bila hadapi musuh yang menyukai lakukan pendek taktik pertahanan ini berperan untuk menahan pelari di base supaya tidak dapat maju ke base selanjutnya.
  • Mekanisme pertahanan jauh/dalam Taktik pertahanan ini disebutkan dengan istilah Deep sistem atau D-position yang diaplikasikan untuk hadapi keadaan tanpa pelari satu juga di base, dan pemukulnya ialah pemukul jauh dan tepat (slugger). Pertahanan Deep sistem bisa juga dipakai untuk hadapi keadaan saat pelari di base ke-2 dan ke-3 pada kondisi dua mati (out).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *